Parpol Terima Dana Hibah, Pemkot Bandung Minta Laporan Keuangan Transparan dan Akuntabel

Arif Budianto · Selasa, 23 November 2021 - 19:01:00 WIB
Parpol Terima Dana Hibah, Pemkot Bandung Minta Laporan Keuangan Transparan dan Akuntabel
Pemkot Bandung mendorong laporan keuangan parpol lebih transparan dan akuntabel. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung mendorong laporan keuangan partai politik yang bersumber dari dana hibah pemda lebih transparan dan akuntabel. Penggunaan dana tersebut mesti sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu mengemuka pada acara yang digelar Badan Kesatuan Kebangsaan, dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung terkait Bimbingan Teknis Pengelolaan Bantuan Keuangan bagi partai politik penerima hibah bantuan keuangan tahun 2021, di El Royal Hotel Bandung, Selasa (23/11/ 2021).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, bantuan keuangan bagi partai politik tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung. Oleh karena itu dalam penggunannya harus ada pertanggungjawaban yang didasarkan atas prinsip transparansi dan akuntabilitas.

"Pertanggungjawaban keuangan itu tentu saja harus berdasar pada aturan-aturan yang ada. Dengan penuh kehati-hatian dan kecermatan," ucapnya.

Pelatihan, untuk meningkatkan kemampuan partai politik dalam mengelola bantuan keuangan tersebut, maka perlu adanya bimbingan teknis mengenai pengelolaan dan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan tersebut termasuk laporan akhir.

"Meningkatnya kemampuan partai politik dalam mengelola bantuan keuangan. Pada akhirnya meningkatkan akuntabilitas partai politik dan menghindari kemungkinan penyimpangan dana bantuan tersebut," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: