Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (FOTO: iNews/ERVAN DAVID)
Agung Bakti Sarasa

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil prihatin atas nasib yang menimpa warga Undang (47) dan Sutinah, warga Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut yang menjadi korban rentenir. Rumah pasangan suami istri itu di Kampung Haurseah, Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut dirobohkan seorang rentenir berinsial A. 

Penyebabnya, Undang dan Sutinah gegara tak melunasi utang sebesar Rp1,3 juta yang membengkak menjadi Rp15 juta kepada rentenir A. Rumah semipermanen tersebut diroboh rentenir A saat Undang dan istrinya itu tidak ada di rumah.

"Masukannya, saya prihatin. Kalau kriminalisasi ditangani kepolisian. Tapi kalau solusi, Jabar sudah ada program sebetulnya," kata Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu di Bandung, Senin (19/9/2022).

Solusi yang dimaksud, kata Kang Emil, yakni Pemprov Jabar sudah menyediakan program Kredit Mesra untuk mengatasi persoalan ekonomi warganya. 

Oleh karena itu, dia mengimbau agar warga Jabar memanfaatkan program Kredit Mesra yang digulirkan oleh bank bjb.

"Saya berharap warga jangan lagi ada terjebak ke rentenir. Bjb sudah diperintahkan, ikut Kredit Mesra aja. Tidak ada bunga, agunan, asal berkumpul (berkelompok) berlima, itu sudah saya hadirkan dari tahun awal jadi Gubernur," ujar Kang Emil.


Editor : Agus Warsudi

BERITA TERKAIT