Wujud Kesetaraan Gender di Bandung Barat, Calon Perempuan Siap Bertarung di Pilkades 2021

Adi Haryanto ยท Sabtu, 11 September 2021 - 16:21:00 WIB
Wujud Kesetaraan Gender di Bandung Barat, Calon Perempuan Siap Bertarung di Pilkades 2021
Kehadiran bakal calon pemimpin perempuan di tingkat desa dalam pesta demokrasi Pilkades menunjukkan jika kesetaraan gender dan pemahaman politik digandrungi kaum perempuan. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 menjadi bukti kesetaraan gender menguat di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Di sejumlah desa mulai bermunculan para bakal calon perempuan yang ikut meramaikan kontestasi, bahkan sebagian ada yang masih muda sebagai perwakilan generasi milenial. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melihatnya sebagai sesuatu yang positif. Itu menandakan demokrasi di tingkat desa berjalan baik dan ternyata banyak kaum perempuan yang siap bertarung di pilkades. 

"Itu fenomena positif karena dalam pesta demokrasi Pilkades semua berhak untuk mencalonkan asal sesuai persyaratan. Jadi tidak ada batasan gender," kata Kepala DPMD KBB Wandiana, Sabtu (11/9/2021).

Menurut dia, calon perempuan dan laki-laki di Pilkades diperbolehkan selama persyaratan mereka sesuai dengan ketetapan panitia. Pada beberapa Pilkades di KBB sebelumnya juga ada calon-calon dari kalangan perempuan, dan ada yang berhasil terpilih. Itu menandakan mereka juga mampu bersaing dalam meraih suara di masyarakat. 

Salah seorang bakal calon kepala desa perempuan termuda di Desa Kertajaya, Padalarang KBB Nabilla Mutiara (26) mengatakan, optimistis bisa berkompetisi dalam pelaksanaan Pilkades. Meskipun dikepung bacalon laki-laki, dirinya tidak gentar dan siap berkompetisi secara positif. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: