Waspada, 9 Warga Cimahi Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Baru

Adi Haryanto · Kamis, 23 Juni 2022 - 14:51:00 WIB
Waspada, 9 Warga Cimahi Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Baru
Ilustrasi pasien Covid-19. (Foto: Reuters)

CIMAHI, iNews.id - Warga Cimahi diminta waspada karena Covid-19 subvarian terbaru Omicron BA.5 sudah ditemukan menyerang sejumlah warga. Berdasarkan data terbaru ada sebanyak sembilan warga yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 varian baru tersebut. 

"Ada sembilan warga yang positif Covid-19 subvarian terbaru yakni Omicron BA.5," sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, Kamis (23/6/2022).

Terdeteksinya Covid-19 varian baru ini setelah pihaknya mengirimkan 11 sampel untuk dilakukan pengetesan di Labkesda Jabar. Sembilan orang sampel warga Cimahi dan dua orang warga Bandung yang dirawat di rumah sakit Kota Cimahi. 

Kemudian dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequensing (WGS) karena ada dari keluarga yang dirawat di Rumah Sakit Dustira. Setelah dikirim dari Dustira kemudian diketahui hasil WGS-nya positif omicron BA.5.

Salah satu sampel yang dikirim ke Labkesda Jabar adalah satu keluarga yang sebelumnya diketahui positif Covid-19 sepulang menjalankan ibadah umroh. Selanjutnya yang bersangkutan memeriksakan kesehatan secara mandiri. 

"Seusai dilakukan pemeriksaan PCR positif Covid-19, anak dan cucunya yang juga bergejala diperiksa, hasilnya mereka terindentifikasi positif Covid-19," tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: