Warga Tolak Pertambangan Galian C di Gunung Manglayang Sukabumi, Ini Alasannya

Dharmawan Hadi · Jumat, 17 September 2021 - 19:45:00 WIB
Warga Tolak Pertambangan Galian C di Gunung Manglayang Sukabumi, Ini Alasannya
Kawasan Gunung Manglayang di Kampung Pojok RT 08/05, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, terlihat dari kejauhan. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Warga dua RT Kampung Pojok, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, menolak keras rencana eksploitasi Gunung Manglayang menjadi pertambangan galian C. Mereka khawatirkan pertambangan itu berdampak buruk terhadap lingkungan. 

Terlebih lagi, lokasi Gunung Manglayang yang akan digunakan sebagai lokasi pertambangan berada di kawasan patahan aktif Sesar Cimandiri

Nanang (65), tokoh masyarakat Kampung Pojok mengatakan bahwa lokasi pertambangan dengan permukiman penduduk jaraknya sekitar 100 meter. 

"Warga di kedua ke RT di Kampung Pojok sangat menolak keras dengan rencana pertambangan di Gunung Manglayang ini. Bahkan, hampir seluruh warga di sini sudah melakukan penandatangan penolakanya," ujar Nanang kepada wartawan pada Jumat (17/09/2021).

Nanang menambahkan bahwa penolakan warga ini karena dikhawatirkan dapat berpotensi bencana alam. Terlebih lagi, lokasi pertambangan berada di atas permukiman penduduk. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: