Warga Pangandaran Berpeluang Jadi Pegawai Pemerintah, Ada 1.217 Kuota Menanti 

Syamsul Ma'arif · Senin, 17 Mei 2021 - 13:06:00 WIB
Warga Pangandaran Berpeluang Jadi Pegawai Pemerintah, Ada 1.217 Kuota Menanti 
Asisten Daerah III Sekretariat Daerah Pangandaran, Suheryana, menyebutkan warga Pangandaran berpeluang besar menjadi pegawai pemerintah. (iNews.id/Syamsul Ma'arif)

PANGANDARAN, iNews.id - Warga Kabupaten Pangandaran berpeluang besar menjadi pegawai pemerintah, baik bersatus ASN maupun non ASN. Peluang tersebut menyusul kebutuhan pegawai pemerintah setempat saat ini mencapai 1.217 orang.

Bahkan, Pemkab Pangandaran mendorong warganya untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Asisten Daerah III Sekretariat Daerah Pangandaran, Suheryana, mengatakan, kebutuhan pegawai pegawai di Pemkab Pangandaran tahun 2021 sebanyak 1.217 orang.

"Kebutuhan sebanyak 1.217 itu berdasarkan keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)," kata Suheryana, Senin (17/5/2021).

Dia menambahkan, bagi pegawai non ASN, penerimaan 1.217 CPNS tersebut menjadi peluang untuk berkompetisi melalui tahapan seleksi yang telah ditentukan.

"Pembukaan akan diumumkan secara resmi pada akhir Mei 2021 dan seleksi dijadwalkan pada Agustus 2021," ujarnya.

Suheryana menyebutkan, dengan kuota 1.217 itu terdiri dari tenaga pendidik PPPK sebanyak 601, tenaga kesehatan 474 dan tenaga teknis 137.

"Dalam waktu dekat Bupati Pangandaran akan melakukan koordinasi ke Kementerian untuk penyesuaian kuota agar sinkron dengan kebutuhan di Pemda," tutur Suheryana.

Berkaca pada seleksi CPNS tahun sebelumnya, banyak formasi yang tidak diminati pelamar sehingga kuota tersebut tidak terisi. Saat ini dari sisi akademik, Pemkab Pangandaran membutuhkan sarjana hukum, sarjana pemerintahan, sarjana kelautan dan sarjana teknik.

"Langkah Pemda agar kuota 1.217 terisi oleh pegawai non ASN dan pribumi dengan memberikan pelatihan seleksi atau try out bagi calon peserta dari pegawai," kata dia.

Selain itu, Pemkab Pangandaran akan memprioritaskan pelatihan atau try out bagi tenaga honorer K2, honorer yang sudah bekerja tiga tahun dan warga Pangandaran.

Editor : Asep Supiandi