Tebing 15 Meter Longsor, Jalan Raya Maniis Purwakarta Lumpuh Beberapa Jam

Asep Supiandi ยท Senin, 17 Mei 2021 - 07:26:00 WIB
Tebing 15 Meter Longsor, Jalan Raya Maniis Purwakarta Lumpuh Beberapa Jam
Sejumlah petugas leangsung melakukan penangangan pascalongsor di BLok Sangiang, Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Polsek Maniis)

PURWAKARTA, iNews.id - Sebuah tebing setinggi 15 meter di Blok Sangiang, Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, longsor, Minggu (16/5/2021) malam. Akibatnya, jalan penghubung dari Waduk Cirata ke Kecamatan Maniis sempat lumpuh beberapa jam akibat tertimbun material longsor.

Kapolsek Maniis, AKP Suparlan, menyebutkan, peristiwa longsor itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, setelah hujan lebat mengguyur Kecamatan Maniis sejak pukul 20.00 WIB. Tebing di kawasan Perhutani, tepatnya di RPH Warung Jeruk Blok Sangiang, tak kuat menahan derasnya curah hujan. Longsor pun tak terhindarkan hingga menutup badan jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

"Semalam curah hujannya cukup tinggi. Kontur tanah tebing itu kemungkinan labil dan tidak kuat menahan air hujan," kata Kapolsek kepada MNC Portal Indonesia, Senin (17/5/2021).

Pascalongsor, Kapolsek langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta dan Pembangkit Jawa Bali (PJB) Cirata. Dari dua instansi itu kemudian mengirimkan satu unit damkar dan satu unit loader yang langsung digunakan untuk membersihkan material tanah dan batu.

"Dini hari tadi seluruh material yang menutup badan jalan sudah bisa dibersihkan. Jalan raya tersebut sudah bisa dilewati kendaraan dari dua arah," ujar dia.

Untuk mengantisipasi longsor sususulan, pihaknya meminta alat berat, yakni loader milik PJB Cirata untuk tetap berada di lokasi. Selain itu pihaknya juga mengibau kepada warga agar waspada. Apalagi sebagian besar wilayah Kecamatan Maniis termasuk rawan longsor.

Editor : Asep Supiandi