Sterilisasi Covid-19, Objek Wisata di Purwakarta Ditutup Lima Hari

Asep Supiandi · Minggu, 16 Mei 2021 - 12:13:00 WIB
Sterilisasi Covid-19, Objek Wisata di Purwakarta Ditutup Lima Hari
Wisatawan dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan memadati jalur Wanayasa, Purwakarta. Jalur tersebut merupakan akses ke sejumlah tempat wisata. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Semua objek wisata di Kabupaten Purwakarta akan ditutup mulai 17-21 Mei 2021. Penutupan tersebut sengaja dilakukan untuk melakukan sterilisasi tempat wisata setelah membeludaknya kunjungan wisatawan pascalebaran.

Penutupan semua objek wisata itu berdasarkan Surat Pemberitahuan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Nomor 556/661/Pariwisata tertanggal 15 Mei 2021.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saepudin mengatakan, penutupan selama lima hari itu digunakan untuk sterilisasi objek wisata berupa penyemprotan disinfektan. Sehingga begitu objek wisata dibuka kembali pada tanggal 22 Mei 2021, semua fasilitas sudah steril dari Covid-19. 

"Kita belum mengevaluasi atas kunjungan wisata ke Purwakarta. Namun, melihat dari animo masyarakat termasuk tinggi. Sejumlah destinasi wisata banyak dikunjungi wisatawan lokal sejak Lebaran kemarin. Makanya perlu sterilisasi tempat-tempat wisata itu," kat Agus kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (16/5/2021).

Hari ini, kata Agus, tim gugus tugas semuanya terjun ke lapangan untuk memantau penerapan protokol kesehatan di setiap objek wisata. Termasuk melihat secara langsung ketaatan pengelola wisata atas aturan yang berlaku. Di antaranya, jam operasional tempat wisata dari pukul 09.00-15.00 WIB. Begitu pula jumlah wisatawan hanya diperbolehkan sebanyak 50 persen berada di tempat-tempat wisata itu.

"Kalau memang kunjungannya membeludak, maka setiap wisatawan dijatah waktunya hanya dua jam. Sehingga wisatawan yang lain dapat kebagian," ujar dia.

Menurutnya, sesuai ketentuan yang terapkan, objek wisata di Purwakarta hanya untuk warga lokal. Warga luar kota boleh berwisata, asalkan bisa menunjukkan surat keterangan bekerja di Purwakarta.   
   

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: