Viral Oknum PNS Adang Ambulans di Sukabumi, Dinkes: Sangat Disayangkan

Dharmawan Hadi ยท Kamis, 21 April 2022 - 03:53:00 WIB
Viral Oknum PNS Adang Ambulans di Sukabumi, Dinkes: Sangat Disayangkan
Terekam jelas seorang oknum ASN mengadang ambulans di tengah kemacetan di jalan raya wilayah Cikembar, Kabupaten Sukabumi. (Foto: Istimewa)

SUKABUMI, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi ingatkan pentingnya golden hour di saat kondisi darurat di mana pasien butuh penanganan medis segera agar nyawanya dapat tertolong. Karena itu, sangat disayangkan masih ada pihak terutama aparat pemerintah yang mengadang ambulans.

Hal tersebut menyikapi video viral oknum PNS Polres Sukabumi yang mengadang ambulans saat terjadi kemacetan parah di Jalan Raya Cikembar, Rabu (20/4/2022). 

Kepala Bidang Upaya dan Pembiayaan Kesehatan (Kabid UPK), Masykur Alawi memaparkan, dalam konteks emergency atau penyelamatan nyawa, terdapat istilah golden hours atau waktu emas di mana di waktu-waktu tersebut menentukan keselamatan nyawa pasien. Ia menilai golden hours ini penting diketahui oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali aparat.

“Artinya, semakin cepat pasien ditangani di fasilitas rujukan sesuai level kasus yang diperlukan, itu akan semakin besar keberhasilan atau keselamatan pasien. Jadi ketika ada rujukan dari RSUD Jampang Kulon ke RSUD R Syamsudin SH atau ke RSUD Sekarwangi misalnya, semakin cepat tiba ke rumah sakit rujukan maka akan semakin besar keberhasilan penanganan pasien. Itulah kenapa ambulans itu ingin cepat sampai,” ujar Masykur, Rabu (20/4/2022). 

Dalam kondisi darurat, lanjut Masykur, ambulans yang membawa pasien darurat kerap kali menerobos kemacetan. Hal itu dilakukan sebagai upaya penyelamatan pasien yang memang membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Menyikapi dugaan arogansi yang dilakukan oknum PNS Polri tersebut kepada sopir ambulans, hingga ada gerakan-gerakan tangan, ia pun sangat menyayangkan.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: