Tim Satgas Covid-19 KBB Cari Tempat Khusus untuk Isolasi Warga Satu RW

Adi Haryanto ยท Senin, 01 Maret 2021 - 18:41:00 WIB
Tim Satgas Covid-19 KBB Cari Tempat Khusus untuk Isolasi Warga Satu RW
Sekda KBB Asep Sodikin saat memimpin rapat Tim Covid-19 untuk mencari solusi 39 warga positif Covid-19 seusai kegiatan ziarah, Senin (1/3/2021). (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Asep Sodikin meminta Tim Satgas Covid-19 segera bertindak cepat menyusul satu kampung lockdown di Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong. Salah satu langkah yang diambil adalah menyiapkan tempat isolasi untuk menampung semua warga yang terpapar. 

Dia menyebutkan, tujuan penyiapan fasilitas isolasi ini agar warga yang sehat tidak tertular dan proses penyembuhan mereka yang positif juga bisa lebih fokus karena dilakukan di satu tempat tidak terpisah-pisah. 

Misalnya dengan mencari hotel atau penginapan terdekat dari daerah sekitar yang memiliki kamar banyak. Tempat itu bisa dipinjam atau disewa untuk proses isolasi warga. Itu dinilai bisa dilakukan mengingat mereka yang terpapar kondisinya kebanyakan adalah pasien OTG (orang tanpa gejala).

"Kalau ada hotel atau penginapan bisa dipinjam atau disewa, jadi penanganan bisa terkonsentrasi di satu titik. Di sana (Parongpong) kan banyak penginapan yang saat ini kosong," tuturnya. 

Namun apabila alternatif untuk menyewa hotel atau penginapan tidak memungkinkan, Asep menganjurkan ada pemisahan antara warga yang sehat dengan yang positif Covid-19. Jangan sampai ada satu orang yang sedang isolasi mandiri masih tinggal serumah dengan yang sehat, karena sangat rentan menularkan. 

"Alternatif lainnya bisa yang sehat dikeluarkan (pisah rumah), seperti tinggal di saudara atau kerabatnya. Tapi harus dipastikan dulu bahwa dia itu kondisinya sehat," kata Asep seraya mengimbau ke masyarakat atas kejadian ini untuk tidak dulu berpergian keluar daerah mengingat sekarang masih dalam kondisi PPKM mikro. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2