Tetapkan 2.974 Personel Komcad, Wapres Ingin Negara Terus Perkuat Sishankamrata

Adi Haryanto ยท Kamis, 08 September 2022 - 13:56:00 WIB
Tetapkan 2.974 Personel Komcad, Wapres Ingin Negara Terus Perkuat Sishankamrata
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau pasukan Komando Cadangan (Komcad) di Lapangan Pusdiklatpassus Batujajar, KBB, Kamis (8/9/2022). Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri upacara penetapan Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2022 di lapangan Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022). Penetapan sebanyak 2.974 personel Komcad ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan lainnya.

Tampak hadir KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana Yudo Margono, serta Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, Komcad dibentuk sesuai amanat UUD 1945. Setiap warga negara berhak wajib ikut serta dalam usaha membela dan menjaga keamanan negara. Komcad berasal dari unsur warga negara yang direkrut melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

"Komcad tahun 2022 terdiri dari 2.974 personel, terdiri dari Rindam II Sriwijaya 490, Rindam VI Mulawarman 500, Rindam XIV Hanasudin 500, Komando Pendidikan Marinir TNI AL 499, Pusdiklat Kopasgat TNI AU 500, Kodiklat TNI AD 50, dan Universitas Pertahanan 475," ujarnya. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan, kehadiran Komcad bagian dari sistem pertahanan yang merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah. Terlebih di lingkungan strategi internasional dan nasional yang dinamis dan penuh ketidakpastian seperti saat ini. 

"Adanya bela negara bagi seluruh warga negara sebagaimana diamanatkan UUD 1945 adalah agar kita siap. Komponen Cadangan adalah salah satu ikhtiar untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sebagai strategi antisipatif dalam menghadapi ancaman terhadap negara," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: