KBB dan Bandung Jadi Wilayah Terbanyak Kasus PMK, Kompensasi Peternak Rp10 Juta per Ekor

Adi Haryanto · Rabu, 07 September 2022 - 15:47:00 WIB
KBB dan Bandung Jadi Wilayah Terbanyak Kasus PMK, Kompensasi Peternak Rp10 Juta per Ekor
Para peternak berharap pemerintah mempercepat vaksinasi PMK agar tidak banyak hewan ternak sapi yang mati atau terpaksa dipotong. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Bandung menjadi wilayah terbanyak kasus penyakit kuku dan mulut (PMK) di Jawa Barat. Kerugian yang harus diderita oleh peternak sapi di KBB pun mencapai miliaran rupiah.

"Untuk di Jabar PMK telah menyerang 74.000 sapi, dari jumlah tersebut, 2.039 ekor dipotong paksa dan 1.301 ekor mati. Kasus terbanyak ada di KBB dan Kabupaten Bandung," kata Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Barat, Dedi Setiadi di Lembang, Rabu (7/9/2022).

Menurutnya peternak yang memgalami kerugian akibat PMK akan mendapatkan kompensasi dari pemerintah. Untuk itu pihaknya telah mengirimkan data kolektif jumlah sapi yang mati dan potong paksa akibat PMK ke Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (SIKHNAS).

Pemerintah telah menyepakati besaran kompensasi yang akan diberikan terhadap peternak yang sapinya terjangkit PMK. Besaran kompensasi nilainya Rp10 juta per ekor. Sementara untuk pengumpulan data sekaligus pengiriman dilakukan secara periodik. 

"Terkait pengumpulan data kami bekerja sama dengan seluruh dinas peternakan di kabupaten/kota di Jawa Barat," sebut Dedi yang juga menjabat sebagai Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: