Gawat, PMK Kembali Serang Hewan Ternak di KBB, 100 Domba Terpapar

Agung Bakti Sarasa ยท Senin, 07 November 2022 - 19:31:00 WIB
Gawat, PMK Kembali Serang Hewan Ternak di KBB, 100 Domba Terpapar
Kasus PMK ditemukan pada hewan ternak domba di KBB. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) kembali ditemukan di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat menemukan kasus tersebut menyerang sekitar 100 ekor ternak domba

Temuan kasus PMK pada domba ini terbilang cukup mengkhawatirkan. Terlebih, KBB sendiri sebelumnya telah ditetapkan sebagai daerah dengan zero kasus PMK.

"Saya lupa, tapi angkanya itu sekitar seratusan lebih untuk (PMK) domba (di KBB) ini, jumlahnya agak banyak. Jadi kemarin itu Bandung Barat sebetulnya sudah zero kasus, sapi perah dan potongnya sudah beres, eh sekarang datang (PMK) domba," kata Arifin di Bandung, Senin (7/11/2022). 

Arifin melanjutkan, pihaknya tengah melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti domba yang terpapar PMK. Selain melakukan pendataan, pihaknya pun memberikan perhatian khusus terhadap temuan tersebut seperti saat PMK menyerang sapi dan kambing.

"Penanganan bagi sapi potong atau perah juga sudah maksimal. Nah domba kan secara klinis itu lebih kuat terkena virus (PMK), tapi sekarang sudah mulai kelihatan," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: