Ternyata Ini Penyebab Demam dan Lumpuh Massal Warga di Purwakarta

Didin Jalaludin · Rabu, 13 Januari 2021 - 21:19:00 WIB
Ternyata Ini Penyebab Demam dan Lumpuh Massal Warga di Purwakarta
Ilustrasi nyamuk Aedes Albopictus penyebab chikungunya (Foto: Okezone)

PURWAKARTA, iNews.id - Kasus demam dan lumpuh massal yang diidap warga Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta terus bertambah. Warga menduga penyakit yang dideritanya itu karena chikungunya. 

Melihat gejalanya yang sama dan bersifat massal, serta jumlah penderitanya terus bertambah, warga menyimpulkan penyakit tersebut akibat gigitan nyamuk jenis aedes albopictus (chikungunya). 

"Kalau dihitung dari jumlah yang mengalami sakit demam dan lumpuh lebih dark 50 orang. Kata dokter ini penyakit chikungunya," ujar Ujang (53) Ketua RW 07 Kampung Cikondang, Desa Mekarsari, Rabu (13/1/2021).

Hingga kini belum ada penanganan khusus dari pemerintah daerah setempat. Sebagian besar, kata Uajang, warga yang mengalami gejala nyeri otot, demam, keluar bintik merah hingga lumpuh berobat ke klinik-klinik swasta dan mengandalkan obat kampung. 

"Kalau pelayanan dari dinas kesehatan belum ada kayaknya. Ya, warga berobat ke klinik di Plered dan Pak Mantri swasta di sini, atau pake obat kampung," ujar Ujang. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2