Terinspirasi Film The Avengers, Wabup Karawang Sinergikan Kewenangan Antarinstansi

Nilakusuma ยท Rabu, 17 Maret 2021 - 15:44:00 WIB
Terinspirasi Film The Avengers, Wabup Karawang Sinergikan Kewenangan Antarinstansi
Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, mulai menata birokrasi untuk mensinergikan kewenangan antarinstansi. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Terinspirasi Film The Avengers, Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mulai menata birokrasi di lingkungan Pemkab Karawang. Karena setiap persoalan yang muncul di Karawang selalu melibatkan banyak instansi. 

Masing-masing instansi harus berperan dalam menyelesaikan satu masalah hingga tuntas. Sehingga persoalan yang muncul bisa diselesaikan secara bersama-sama.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setiap permasalahan harus dibahas oleh beberapa dinas agar masalahnya bisa tuntas. Jadi tidak ada lagi saling menyalahkan karena ini dibahas semua pihak terkait sebelum diselesaikan," kata Aep, Rabu(17/3/21).

Aep mengaku terinspirasi film The Avengers yang mempertontonkan kerjasama super hero dalam mencapai tujuan. Kerjasama tersebut dapat memecahkan seberat apapun persoalan yang terjadi. 

"Kalau kita saling menguatkan seberat apapun masalah bisa lebih ringan menyelesaikannya," katanya. 

Aep mulai menerapkan hal itu dalam berbagai masalah yang dia tangani. Misalnya saat darurat menyelesaikan jalan rusak akibat banjir yang terjadi di Karawang. Perbaikan jalan sulit dilakukan dengan cepat karena terbentur birokrasi. 

"Seperti jalan rusak di Gerbang Tol Karawang Timur dan Karawang Barat. Itu kewenangan Jasa Marga.  Tapi yang kena marah masyarakat ya pemerintah daerah. Makanya kami gerak cepat tambal aja dulu, sambil melobi pihak Jasa Marga agar segera memperbaiki jalan tersebut," katanya. 

Menurut Aep, dia sudah mengundang semua pihak yang terkait dengan perbaikan jalan di Gerbang Tol Karawang Timur dan Karawang Barat. Pasalnya, perbaikan dua titik jalan tersebut terbentur persoalan kewenangan. Pihak Jasa Marga mengaku kewenangannya terbatas dan tidak bisa memperbaiki seluruh jalan. Sementara pihak provinsi mengatakan kewenangan itu ada di Jasa Marga. 

"Kami pertemukan semua pihak untuk perbaiki jalan yang menjadi pintu masuk Karawang. "Jasa Marga berapa kewenangannya, berapa provinsi dan berapa Pemkab Karawang. Kita sepakati yang penting perbaikan jalan harus terlaksana secepatnya," ujarnya. 

Pembahasan itu juga mengundang sejumlah dinas di Pemkab Karawang seperti Dinas PUPR,  Dinas Perhubungan,  Bappeda dan Satpol PP. 

"Semua harus ikut bertanggung jawab dan mengambil peran masing-masing. Itu saya tekankan kepada semua dinas. Perbaikan jalan bukan hanya tanggungjawab PUPR, tapi juga instansi lainnya," ucapnya.  

Editor : Asep Supiandi