Terimbas Peledakan Galian C, Penghuni 7 Rumah di Cianjur Ngungsi

Ricky Susan · Kamis, 13 Januari 2022 - 21:32:00 WIB
Terimbas Peledakan Galian C, Penghuni 7 Rumah di Cianjur Ngungsi
Rumah di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, retak-retak akibat terdampak peledakan galian C. (Foto: iNews.id/Ricky Susan)

CIANJUR, iNews.id - Sejumlah rumah di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, retak-retak akibat terimbas getaran peledakan (blasting) dari aktivitas tambang galian C. Warga pun resah karena dengan kondisi rumah seperti itu bisa roboh sewaktu-waktu.

Informasi yang dihimpun, ada sekitar empat rumah semi permanen, tiga rumah permanen dan satu musala yang terkena dampak blasting tersebut. Para penghuni rumah pun terpaksa harus mengungsi.

"Setiap menjelang malam kami mengungsi, karena hawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," kata salah seorang warga setempat, Kamis (13/1/2022).

Warga berharap, pihak perusahaan segera menyiapkan rumah pengganti. Karena mereka sudah dua Minggu harus meninggalkan rumah demi kenyamanan dan keamanan.

Kepala Desa Mekarsari melalui Sekertaris Desa, Usep Suwandi mengatakan, perusahaan tersebut telah lama beroperasi dan melakukan blasting. Namun, tak mengetahui persis kapan dan berapa kali peledakan dilakukan.

Kaitan dengan permintaan warga yang ingin segera direlokasi, Usep mengatakan bahwa memang harus segera direlokasi, mengingat zonasi terdampak sudah tidak layak untuk dihuni.

"Memang harapan kita seperti itu, karena, zonasi yang sekarang terdampak sudah tidak layak dijadikan tempat huni, sehingga langkah kita berupaya langsung koordinasi dengan perusahaan," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: