Telkom Manfaatkan Teknologi AI dan Metaverse untuk Jawab Keluhan Pelanggan
Sri Saftiri menyatakan, penerapan riil AI itu diprioritaskan pada peningkatan CX secara optimal melalui digitisasi dan digitalisasi. Digitisasi dilakukan untuk mencapai operasional excellence seperti TIOC 5.0. Sedangkan digitalisasi dilakukan guna mencapai pelayanan excellence dengan memanfaatkan RPA.
"Dengan cara ini diharapkan mengurangi churn, meningkatkan interaksi agen di call center dengan pelanggan, dan terjadi proses otomatis robotik," ujar wanita yang menjabat Ketua Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) ini.
Teknologi Metaverse, tutur Sri Safitri, ke depan memungkinkan pelanggan bisa berinteraksi dengan pelayanan Virtual Plasa Telkom secara interaktif mengunakan agen virtual Avatar tiga dimensi guna menjawab keluhan pelanggan.
"Bentuknya bisa berupa kehadiran text to animation dalam mendukung Avatar 3D di virtual Plasa Telkom. Sehingga, gerakan bibir Avatar akan sinkron dengan suara yang disampaikan secara dinamis," tutur Sri Safitri.
Editor: Agus Warsudi