get app
inews
Aa Text
Read Next : Telkom Rilis Legion sebagai Standardisasi Proses Desain Digital di DTP Expo 2 2022

Telkom Manfaatkan Teknologi AI dan Metaverse untuk Jawab Keluhan Pelanggan

Senin, 11 April 2022 - 09:55:00 WIB
Telkom Manfaatkan Teknologi AI dan Metaverse untuk Jawab Keluhan Pelanggan
Pertemuan petinggi PT Telkom Indonesia TBK dengan Kementerian AI Dubai, UEA pada akhir Maret 2022 lalu. (FOTO: ISTIMEWA)

Sri Saftiri menyatakan, penerapan riil AI itu diprioritaskan pada peningkatan CX secara optimal melalui digitisasi dan digitalisasi. Digitisasi dilakukan untuk mencapai operasional excellence seperti TIOC 5.0. Sedangkan digitalisasi dilakukan guna mencapai pelayanan excellence dengan memanfaatkan RPA. 

"Dengan cara ini diharapkan mengurangi churn, meningkatkan interaksi agen di call center dengan pelanggan, dan terjadi proses otomatis robotik," ujar wanita yang menjabat Ketua Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) ini. 

Teknologi Metaverse, tutur Sri Safitri, ke depan memungkinkan pelanggan bisa berinteraksi dengan pelayanan Virtual Plasa Telkom secara interaktif mengunakan agen virtual Avatar tiga dimensi guna menjawab keluhan pelanggan. 

"Bentuknya bisa berupa kehadiran text to animation dalam mendukung Avatar 3D di virtual Plasa Telkom. Sehingga, gerakan bibir Avatar akan sinkron dengan suara yang disampaikan secara dinamis," tutur Sri Safitri. 

Editor: Agus Warsudi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut