Telkom Agree-Fairtrade NAPP Komitmen Digitalkan Ekosistem Pertanian dan Koperasi Produsen

Agus Warsudi ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 17:12:00 WIB
Telkom Agree-Fairtrade NAPP Komitmen Digitalkan Ekosistem Pertanian dan Koperasi Produsen
MoU atau nota kesepahaman antara Telkom Agree dan Fairtade NAPP disepakati secara hibrida dari 3 lokasi yaitu Aceh, Bangalore, dan Bogor pada Rabu (15/6/2022). (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Produk digital Agree di bawah payung Leap-Telkom Digital dari Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama dengan Fairtrade Network of Asia and Pacific Producers (NAPP). Kerja sama tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dilakukan secara hibrida dari 3 lokasi yaitu Aceh, Bangalore, dan Bogor pada Rabu (15/06).

Fairtrade NAPP merupakan jaringan organisasi petani yang tersertifikasi sesuai standar Fairtrade di Kawasan Asia Pasifik yang memproduksi berbagai produk dan memasoknya ke pasar Eropa dan Amerika.

Gerakan Fairtrade dipelopori oleh Fairtrade International yang berkantor pusat di Bonn, Jerman. Gerakan ini mewakili petani kecil di Asia, Amerika, dan Afrika untuk mendapatkan akses pasar di negara maju. 

Pemberdayaan petani kecil dan buruh dilakukan untuk sektor pertanian, praktik pertanian berkelanjutan, akses pasar yang lebih adil, dan harga yang adil adalah fokus utama Gerakan Fairtrade. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: