Tebing Setinggi 10 Meter Longsor, Jalur Penghubung Sumedang-Garut Terputus

Beben HVA ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 14:42:00 WIB
Tebing Setinggi 10 Meter Longsor, Jalur Penghubung Sumedang-Garut Terputus
Material longsor menutup jembatan dan jalan di Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang. Akibatnya lalu lintas antara Sumedang-Garut terputus. (Foto: iNews: Beben HVA)

SUMEDANG, iNews.id - Tebing setinggi 10 meter di Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, longsor, Kamis (13/1/2022). Longsor selebar 20 meter itu pun mengakibatkan jalan penghubung Sumedang-Limbangan Garut lewat Cibugel terputus.

Terputusanya lalu lintas dari Limbangan ke Sumedang atau sebaliknya gegara material longsoran berupa batu dan tanah merah menutup jalan dan jembatan.

Hingga saat ini, aparat pemerintahan setempat, anggota TNI/Polri masih menunggu kedatangan alat berat. Sebab material longsoran tidak bisa dibersihkan hanya mengandalkan peralatan manual.

"Kami sekitar pukul 19.00 WIB mendatangi titik longsor setelah mendapat laporan masyarakat. Kami sudah melarang warga yang melintas karena khawatir terjadi longsor susulan. Apalagi air di atas cukup besar dan hujan sejak pagi ini masih turun," kata Camat Cibugel, Nuryadin, Jumat (14/1/2022).

Dia menyebutkan, longsor yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah tersebut. Tebing setinggi 10 meter itu pun tak kuat menahan curah hujan yang begitu tinggi sehingga akhirnya longsor. Beruntung saat terjadi longsor tidak ada warga yang melintas.

"Kami secara bersama-sama sudah memasang garis polisi agar tidakada warga yang melintas. Selain juga mengimbau agar warga tidak mendekat lokasi longsor," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: