Ssst! Dulu Ada Kebun Kokain Seluas 200 Hektare di Citembong Cipeundeuy KBB, Ini Buktinya

Adi Haryanto ยท Sabtu, 16 Juli 2022 - 18:58:00 WIB
Ssst! Dulu Ada Kebun Kokain Seluas 200 Hektare di Citembong Cipeundeuy KBB, Ini Buktinya
Wawan menunjukkan sisa fondasi bangunan pabrik kokain tak jauh dari perkebunan koka yang berdiri pada zaman penjajahan Belanda di Kampung Citembong, Desa Margaluyu, Kecamatan Cipeundeuy, KBB, yang kini tinggal sejarah. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kabupaten Bandung Barat (KBB) pernah dikenal sebagai penghasil kokain atau koka yang bernama latin Erythroxylum coca. Sisa kejayaan kokain KBB masih dapat ditemukan di Kampung Citembong, Desa Margaluyu, Kecamatan Cipeundeuy.

Di Kampung Citembong, Desa Margaluyu yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ini, terdapat siswa kebun koka seluas 200 hektare. Perkembunan koka itu merupakan peninggalan kolonial Belanda. Di lokasi ini juga terdapat sebuah bangunan yang diduga sebagai pabrik atau tempat mengolah koka menjadi kokain.

Namun, kondisi bangunan tersebut sudah hancur dan lahan yang ada beralih fungsi menjadi kebun warga. Namun sisa-sisa puing bangunannya yang masih tersisa, menjadi saksi bisu keberadaan pabrik kokain di kawasan tersebut pada era penjajahan Belanda. 

"Gak banyak yang tahu kalau dulu di sini pernah jadi perkebunan koka seluas ratusan hektare,” kata salah seorang warga Kampung Citembong, Wawan (64).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: