Seusai Latihan Bersama Yonif Raider 300, Tentara Amerika Diundang KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Agus Warsudi ยท Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:12:00 WIB
Seusai Latihan Bersama Yonif Raider 300, Tentara Amerika Diundang KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa
Major Eric Cannon saat memberikan sambutan saat kunjungan kehormatan di Aula Silihwangi, Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung. (Foto: Pendam Siliwangi)

Major Eric Cannon menyatakan, personel US Army MTT FSAB telah memulai latihan beberapa minggu. Latihan ini bertujuan untuk berbagi materi latihan dan pengalaman perang di Irak dan Afganistan. "Kami juga belajar dari pengalaman tim Raider (Yonif Raider 300/BJW) Kodam III/Siliwangi di daerah hutan (perang hutan)," ujar Major Eric Cannon. 

Major Eric menuturkan, sangat senang dengan persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat. "Suatu kehormatan bisa berada di sini. Ini jalinan persahabatan yang sudah berjalan baik. Kami ingin melanjutkan dan memelihara hubungan ini dan ingin kembali ke sini lagi di waktu mendatang, terima kasih,” ujar Major Eric Cannon. 

Diberitakan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, US Army MTT SFAB adalah para veteran perang Irak dan Afganistan. Mereka akan berbagi pengalaman tentang taktik bertempur di padang pasir. Sementara dari pihak US Army berharap mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pertempuran hutan dari Yonif Raider 300/BJW.

Selain itu, latihan bersama ini, kata Pangdam, untuk mempererat persahabatan antara kedua negara sampai dengan tingkat bawah. Terutama prajurit-prajurit di lapangan. Dengan demikian akan timbul interaksi sosial yang lebih baik dalam melanjutkan kerja sama dimasa datang. 

"Selain berbagi ilmu taktik pertempuran, mereka juga akan melaksanakan olahraga bersama. Yang tak kalah penting, mereka akan dibawa ke daerah wisata sekaligus mempromosikan pariwisata di daerah Jawa Barat," kata Pangdam Siliwangi.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: