5 Oleh-oleh Khas Bandung, Kualitas dan Rasa Melegenda

Muhamad Rafi Naufal · Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:34:00 WIB
5 Oleh-oleh Khas Bandung, Kualitas dan Rasa Melegenda
Oleh-oleh khas Bandung kekinian yang banyak diburu anak muda. (Foto: Facebook/@CoklatGarut)

BANDUNG, iNews.id -  Oleh-oleh khas Bandung Jawa Barat memiliki ragam jenis. Soal cita rasa olahan penganan jangan ditanya. Bandung menawarkan camilan dari yang manis, asin, pedas, hingga gurih asam.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota berjuluk Parijs van Java ini tanpa membawa buah tangan untuk keluarga atau orang terkasih di rumah. Banyak toko oleh-oleh khas Bandung Jawa Barat yang dapat Anda temui di sepanjang Jalan Dr Djunjunan (Pasteur) dan semua kawasan di Bandung. 

Semua tersaji dalam bentuk kemasan rapih, dan harga variatif terjangkau. Berikut ini 5 oleh-oleh khas Bandung yang bikin nagih.

1. Kartika Sari

Pisang bolen Kartika Sari melegenda. (Foto: YouTube/Dapur Sutanti)
Pisang bolen Kartika Sari melegenda. (Foto: YouTube/Dapur Sutanti)

Kartika Sari bisa dikatakan sebagai pioneer oleh-oleh Bandung yang menjadi favorit dengan resep turun-menurun dari pendiri keluarga Ratnawati. Resep itu didapatkan sejak zaman kolonial Belanda. Koleksi resep disimpan dengan baik dan diteliti sebelum diterapkan ke produk-produk Kartika Sari agar kualitas dan rasa sempurna. 

Anda pasti tidak menyangka Kartika Sari adalah oleh-oleh khas Bandung lahir dari ‘keisengan’ seorang ibu yang sangat hobi mengulik aneka resep kue dan roti di rumah. Hingga memulai dari pesanan mulut-ke-mulut sebatas lingkungan kerabat. Akhirnya toko kue Kartika Sari resmi pertama kali ada pada 1974, dengan kue andalan pisang bolen.

Kini Kartika Sari memiliki beberapa outlet resmi di Kota Bandung. Seperti di Jalan Kebon Jukut, Terusan Jakarta, Kopo Sayati, Buahbatu, Ir H Djuanda (Dago), Raya Timur Cimahi, dan AH Nasution Ujungberung. Menu andalan, pisang bolen, brownies, cake, chips nuts, lapis, hingga pusty pastry. Dibandrol dengan harga Rp25.000 hingga Rp150.000. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: