Selesai Direvitalisasi, Ini Penampakan 5 Titik Wajah Baru Kota Bandung

Arif Budianto · Kamis, 09 Desember 2021 - 10:28:00 WIB
Selesai Direvitalisasi, Ini Penampakan 5 Titik Wajah Baru Kota Bandung
Beberapa titik kawasan revitalisasi di Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung baru saja selesai merevitalisasi sekitar kawasan Alun-alun Bandung. Sebanyak lima titik kini memiliki wajah baru yang tak kalah menarik untuk dipakai swafoto.

Lima titik yang direvitalisasi adalah kawasan di sekitar Jalan Kepatihan, Dalem Kaum, Banceuy, Cikapundung Barat, hingga taman di Viaduct. Kelima titik tersebut telah diresmikan penggunaannya oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Titik pertama adalah di Jalan Dalem Kaum. Di jalan ini, dilakukan penanaman vegetasi pohon, penambahan tempat duduk, artwork street tiga dimensi. Kemudian ada totem sekilas sejarah Bandung serta stasiun dan parkir sepeda, plus perbaikan utilitas saluran. Selain steril PKL, mas sana ini juga hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Titik kedua, ada di Kawasan Kepatihan. Di tempat itu, dilakukan penatan vegetasi pohon, tempat duduk yang dibuat lebih nyaman, kemudian ada peta lokasi, kendaraan dan utilitas mekanik oleh. Juga dilakukan penertiban PKL Jalan Jopangkar ke basement King Shoping Center dan sekaligus penataan PKL basement alun-alun. 

Titik ketiga dan keempat adalah penertiban PKL zona kuning di Cikapundung Barat. PKL juga mendapat  fasilitasi penyedia layanan makanan online. Lalu pemberian kartu BPJS ketenagakerjaan, kartu tanda anggota PKL, stiker kios, kartu pembinaan di bawah dinas KUKM dan kartu NIB.

Di kawasan ini juga penataan peta rute kawasan hotel, kuliner dan rute wisata yang terintegrasi jalur bandros, sepeda, dan parkir. 

Sementara di kawasan Viaduct kini hadir dengan tampilan baru yang lebih rapi, penataan taman dengan sejumlah sarana dan tambahan vegetasi semakin cantik di berbagai sisi. Di bagian samping bawah jembatan, terdapat beberapa ornamen sejarah Bandung.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: