Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok, Sosok Pendiri, Arsitektur dan Filosofinya

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:14:00 WIB
Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok, Sosok Pendiri, Arsitektur dan Filosofinya
Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat yang megah. (Foto: Dok.iNews.id)

Arsitektur Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas memiliki arsitektur bangunan yang mirip seperti masjid-masjid yang ada di Timur Tengah sebagai daerah kelahiran Islam, yakni dengan menara dan kubah yang bersisian, halaman depan yang luas, dan diperindah dengan detail serta hiasan elemen-elemen segi delapan. 

Ciri khas dari Masjid Kubah Emas terdapat pada bagian kubah yang dilapisi emas. Masjid ini memiliki 5 kubah yang mempunyai diameter yang berbeda-beda. Kubah utama berdiameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter dan memiliki tinggi 25 meter. Sedangkan 4 kubah kecil berdiameter bawah 6 meter, diameter tengah 7 meter, dan memiliki tinggi 8 meter. 

Kubah-kubah tersebut dilapisi dengan emas 24 karat setebal 2 hingga 3 milimeter. Bukan hanya bagian kubah saja yang dilapisi emas, bagian relief di atas tempat podium imam, dekorasi kaligrafi langit-langit masjid dan pagar di lantai dua juga dilapisi emas yang berbeda-beda karatnya. Sisa-sisa emas juga digunakan untuk membalut mahkota pilar masjid yang berdiri kokoh berjumlah 168 pilar.

Enam menara di masjid ini yang terdapat di luar bangunan masjid dibalut dengan batu granit dari Italia dengan ornamen melingkar. Di puncak keenam menara itu diletakkan kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Sebagian besar bahan untuk membangun masjid ini diimpor dari Italia dan Turki.

Terdapat tiga teknik pemasangan emas yang dilakukan di masjid ini. Pertama, pemasangan dengan serbuk emas untuk bagian mahkota pilar. Kedua, teknik gold platting untuk bagian lampu gantung, ornamen kaligrafi, pagar mezanin dan ujung langit-langit kubah. Dan yang ketiga, dengan teknik gold mozaik solid untuk pemasangan kubah utama dan kubah menara. 

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: