Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok, Sosok Pendiri, Arsitektur dan Filosofinya

Reza Rizki Saputra ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:14:00 WIB
Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok, Sosok Pendiri, Arsitektur dan Filosofinya
Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat yang megah. (Foto: Dok.iNews.id)

Sosok Pendiri Masjid Kubah Emas

Masjid ini dibangun oleh pengusaha asal Banten bernama Dian Djuriah Maimun al-Rasyid. Nama Mahri yang disematkan pada nama masjid ini diambil dari nama salah satu anak Dian.

Dian merupakan seorang pengusaha asal Banten kelahiran tahun 1953. Beliau dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Usaha yang dimiliki Dian dapat dikatakan cukup banyak, salah satunya usaha di bidang properti yang dirintisnya dari tahun 1980. Namun, Dian lebih banyak menghabiskan fokus usahanya di negara lain seperti Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi. 

Pendiri Masjid Kubah Emas Depok. (Foto: dok.iNews.id)
Pendiri Masjid Kubah Emas Depok. (Foto: dok.iNews.id)

Banyak orang mengenal Dian sebagai sosok pengusaha yang sukses. Tetapi dengan kesuksesannya itu, Dian tetap menjadi seorang yang dermawan dan gemar menolong anak yatim piatu serta membangun masjid. Total masjid yang dibangun Dian sekitar 1000 masjid dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk Masjid Kubah Emas.

Masjid Kubah Emas merupakan salah satu masjid termegah yang pernah ia bangun. Masjid ini mulai didirikan pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Masjid ini memiliki luas sekitar 8000 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 70 hektar. Sehingga membuatnya menjadi masjid terluas di Jabodetabek.

Pada awalnya Dian membangun masjid-masjid karena dilatarbelakangi oleh spontanitas terhadap keadaan sosial yang ada masyarakat. Saat ketika ia sedang berjalan-jalan ke suatu daerah, lalu melihat daerah tersebut masih jarang terdapat masjid, maka muncul niat Dian untuk segera membantu membangun masjid di daerah tersebut. Maka tak heran jika ia dikenal sebagai orang yang dermawan dan suka menolong.

Menurut dia, masjid merupakan representasi dari rumah Tuhan, sehingga membangun masjid merupakan suatu bentuk ibadah. Dian membangun masjid yang megah dan mewah juga bertujuan supaya masjid yang ia bangun dapat membuat jamaah di masjid tersebut menjadi lebih khusyuk dalam beribadah serta memberikan kesadaran akan kebesaran Tuhan.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: