Sejarah Kesenian Sisingaan Khas Jawa Barat, Ekspresi Perlawanan Rakyat Subang terhadap Penjajah

Agus Warsudi ยท Jumat, 21 Oktober 2022 - 15:49:00 WIB
Sejarah Kesenian Sisingaan Khas Jawa Barat, Ekspresi Perlawanan Rakyat Subang terhadap Penjajah
Kesenian tradisional Sisingaan khas Subang, Jawa Barat. (FOTO: infobudaya.com/kemendikbud.go.id)

BANDUNG, iNews.id - Sisingaan merupakan salah satu kesenian tradisional dari Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kesenian ini juga dikenal dengan sebutan Gotong Singa atau Odong-odong.

Saat ini, kesenian Sisingaan ditampilkan untuk memeriahkan acara khitanan agar anak merasa terhibur. Anak yang dikhitan diarak keliling kampung satu hari sebelum disunat. 

Biasanya anak dimandikan air kembang dan dirias. Setelah itu, anak yang akan dikhitan duduk di atas boneka singa tersebut. Tetabuhan pun dimainkan dan pemain sisingaan menari dengan gerakan pencak silat. Mereka berjalan keliling kampung. 

Selain itu, kini, Sisingaan kerap ditampilkan dalam acara-acara resmi pemerintahan. Seperti, Hari Jadi Kabupaten Subang dan menyambut tamu kehormatan. Sama seperti acara khitanan, para pemain Sisingaan akan menggotong tamu kehormatan yang duduk di atas boneka singa.

Berbeda dengan acara menyambut tamu kehormatan, para pemain sisingaan hanya bergerak di satu area sampai musik yang mengiringi berakhir. Biasanya, tamu kehormatan yang digotong pun ikut menari, menggerakkan tanggannya mengikuti irama musik.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: