Sapras Pendukung Uji KIR Dishub KBB Rusak, Perlu Segera Dipensiunkan

Adi Haryanto · Selasa, 15 Juni 2021 - 13:52:00 WIB
Sapras Pendukung Uji KIR Dishub KBB Rusak, Perlu Segera Dipensiunkan
Fasilitas sarana prasarana pendukung berupa mebeler kursi dan meja di gedung uji kir milik Dishub KBB di Cikamuning, Padalarang, yang kondisinya sudah tidak layak. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sarana dan prasarana (sapras) pendukung di tempat pengujian kendaraan (uji kir) milik UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor, Dinas Perhubungan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), banyak yang rusak. Sangat kontras dengan peralatan pengujian yang terbilang canggih.

Ketua Organda KBB, Asep Dedi Setiawan menyayangkan banyaknya sarana prasarana pendukung yang tidak layak dan masih dipakai di kantor uji kir Dinas Perhubungan (Dishub) KBB. Padahal kalau melihat alat-alat uji kendaraannya sangat canggih. 

"Kalau untuk alat uji kir kendaraan saya akui sangat canggih, bagus, dan modern, salah satu yang terbaik di Jawa Barat. Cuman fasilitas pendukung seperti kursi dan mebelernya banyak yang tidak layak, harus diganti," ucapnya, Selasa (15/6/2021).

Dia melihat gedung uji kir milik Dishub KBB yang berlokasi di Kampung Cikamuning, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, cukup representatif dan memenuhi standar Kementerian Perhubungan. Sistem pembayarannya pun sudah online (nontunai) sehingga mencegah terjadinya praktik pungli.

Tapi hal tersebut tidak diimbangi dengan kondisi mebeler yang ada di dalam gedung. Bahkan sebagian besar mebelernya sudah tua dan tak sedikit yang keropos karena termakan usia. Bahkan ada mebeler yang dibuat tahun 2007 atau sama usianya dengan KBB yang sudah mencapai 14 tahun. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: