Ridwan Kamil: Jabar Buka Pintu Lebar untuk Investor Uni Eropa

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 23:10:00 WIB
Ridwan Kamil: Jabar Buka Pintu Lebar untuk Investor Uni Eropa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan Dubes Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket dalam pertemuan virual. Kang Emil menyatakan, Jawa Barat membuka pintu lebar bagi investor dari Uni Eropa. (Foto: Istimewa)

Panel menghadirkan Kepala Seksi Perdagangan dan Ekonomi Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Marika Jakas; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Jabar, Mohammad Taufiq Budi Santoso, dan Direktur Umum EUWELLE, Rolf Richard Keil. EUWELLE merupakan perusahaan pengelolaan limbah Eropa dengan beberapa proyek yang sedang berjalan di Jabar. 

Pada kesempatan lain juga digelar sesi yang membahas tentang tantangan yang dihadapi oleh para pengusaha terkait bisnis perdagangan dan investasi yang dipaparkan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jabar Surya Batara Kartika dan peluang investasi di bidang kawasan industri yang disampaikan Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Jabar Sanny Iskandar. 

Diskusi tersebut mengetengahkan besarnya potensi investasi di Jabar, khususnya di kawasan industri. Permintaan di bidang manufaktur, pertanian, furnitur, dan produk lain di Uni Eropa diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan didorong oleh pemulihan pascapandemi.

Dengan basis konsumen yang besar dan berdaya beli tinggi, Uni Eropa merupakan pilihan yang menarik bagi Jabar untuk memperluas dan mendiversifikasi pasar ekspornya.

Uni Eropa juga terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan pemerintah Indonesia. Sebelumnya, kunjungan kerja telah dilakukan ke provinsi Maluku dan Jawa Tengah. Selanjutnya, Delegasi Uni Eropa akan mengunjungi pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Bali.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: