Ratusan Warga KBB Terjangkit DBD, 1 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Adi Haryanto · Selasa, 02 November 2021 - 15:58:00 WIB
Ratusan Warga KBB Terjangkit DBD, 1 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia
Petugas Dinkes Kota Cimahi melakukan pengasapan atau fogging di Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 210 warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang Januari-September 2021. Dari jumlah tersebut terdata seorang meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegepty tersebut.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan, KBB, Jajang Mulyana mengatakan, angka tersebut terbilang tinggi dikarenakan memang KBB termasuk daerah endemik DBD. Biasanya kemunculan kasus akan meningkat pada saat masuk pergantian musim dari panas ke hujan.

"KBB adalah daerah endemis DBD sehingga memang setiap tahunnya selalu muncul kasus. Dari kasus yang muncul kebanyakan terjadi di Puskesmas Tagog Apu dan Padalarang," tuturnya, Selasa (2/11/2021).

Pihaknya berupaya agar kasus yang muncul tidak semakin menyebar dan menimbulkan korban lagi. Termasuk juga melakukan fogging ke sejumlah lingkungan masyarakat. Hanya saja karena kuota terbatas, maka daerah yang difogging adalah yang jadi prioritas.

"Kuota fogging kita di tahun ini hanya untuk 13 lokus saja, makanya yang muncul kasus, jadi prioritas untuk didatangi, supaya tidak menyebar ke daerah lain. Seperti di Desa Tanimulya, Desa Campaka Mekar, Desa Batulayang, Desa Kertamukti, dan Desa Ciburuy," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: