Edarkan Upal di Purwakarta, Kakek Ini Ditangkap Polisi dengan Barang Bukti Dollar Palsu 

Asep Supiandi · Selasa, 02 November 2021 - 14:42:00 WIB
Edarkan Upal di Purwakarta, Kakek Ini Ditangkap Polisi dengan Barang Bukti Dollar Palsu 
Seorang kakek asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditangkap polisi lantaran diduga mengedarkan uang palsu. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Polisi membongkar jaringan peredaran uang palsu (upal) bermodus penggandaan di Purwakarta. Terbongkarnya kasus upal itu setelah polisi menangkap seorang kakek di salah satu rumah makan ternama di wilayah Jatiluhur, Purwakarta.

Tersangka berinisial AH (68) warga Desa Cisomang, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Sementara seorang tersangka lainnya beinisial AL, warga Kediri Jawa Timur, masih dalam pengejaran dan masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).   

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, yakni satu unit mobil Daihatsu Agya, 2.500 lembar upal pecahan 100.000, sebanyak 10 lembar Dollar Amerika palsu pecahan 100, dan sebanyak 100 lembar uang Brazil palsu pecahan 5.000 Cruzados Novus (CN). 

Kasus ini berawal saat tersangka bertemu dengan salah satu korban di salah satu rumah makan di sekitar Jat pada Minggu (31/10/2021). Kedatangan tersangka di tempat itu rencananya untuk mengambil uang sambil menunjukkan sampel uang terhadap korban hasil penggandaan sebelumnya. Ternyata sampel uang tersebut diduga palsu. Korban pun akhirnya melapor ke polisi dan ditindaklanjuti penangkapan terhadap AH.

"Kasus ini terungkap berdasarkan laporan korban dengan TKP di salah satu rumah makan di Jatiluhur. Tersangka berinisial AH telah kami amankan. Pelaku mengaku bisa menggandakan uang Rp100 juta menjadi Rp1 miliar. Alhamdulilah kami bisa menangkap pelaku," kata Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery kepada wartawan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: