Ratusan Rumah di Pesisir Pantura Subang Terendam Banjir Rob

Yudy Heryawan Juanda ยท Kamis, 09 Desember 2021 - 08:37:00 WIB
Ratusan Rumah di Pesisir Pantura Subang Terendam Banjir Rob
Banjir rob merendam rumah warga di Dusun Mulyasari, Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang. (Foto: iNews/YUDY HERYAWAN JUANDA)

SUBANG, iNews.id - Ratusan rumah warga di pesisir pantai utara (pantura) Subang, Jawa Barat terendam banjir pasang laut atau rob. Selain rumah, banjir rob juga merendam fasilitas umum dan ratusan hektare tambak milik warga

Lebih dari seratus rumah warga di Dusun Mulyasari, Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat terrendam  banjir rob. Ketinggian air banjir yang merendam permukiman warga, bervariasi dari 30 sentimeter (cm) hingga 50 cm. 

Akibat banjir ini, aktivitas warga Desa Anggasari terganggu. Apalagi banjir rob ini sudah berlangsung selama sepekan terakhir. Banjir rob datang pada sore hari dan kembali surut pada dini hari atau pagi harinya.

Selain air laut sedang pasang, banjir rob ini juga diakibatkan tanggul penahan ombak jebol sehingga air laut masuk ke pemukiman warga dan merendam tambak," kata Komarudin.

Meski rumah mereka terendam, warga memilih tetap bertahan di rumah karena banjir rob ini masih terhitung aman dan cepat surut. Warga berharap pemerintah daerah setempat secepatnya menanggulangi banjir yang kerap terjadi dengan memperbaiki tanggul penahan ombak yang jebol.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: