Gelombang Pasang Hantam Ujung Genteng Sukabumi, 20 Perahu dan 15 Bangunan Rusak

Dharmawan Hadi ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 19:58:00 WIB
Gelombang Pasang Hantam Ujung Genteng Sukabumi, 20 Perahu dan 15 Bangunan Rusak
Gelombang pasang yang menerjang kawasan Ujung Genteng, Sukabumi merusak bangunan dan perahu. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Puluhan perahu nelayan dan belasan bangunan di pinggir Pantai Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, diterjang gelombang pasang, Selasa (7/12/2021). Gelombang pasang di wilayah itu terjadi sejak tiga hari terakhir.

Informasi yang dihimpun, gelombang pasang memiliki ketinggian mencapai 4 meter. Kondisi seperti itu terjadi di sepanjang Pantai Pangumbahan hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Genteng.

Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng, Asep Jeka mengatakan, berdasarkan pendataan terakhir kurang lebih ada 20 perahu nelayan dan 15 bangunan rusak seusai diterjang gelombang pasang. Kebanyakan perahu nelayan yang rusak adalah yang sedang berlabuh di pinggir pantai. 

Tercatat ada lima perahu nelayan yang kondisinya hancur. Sementara bangunan rusak kebanyakan adalah rumah yang dihuni oleh masyarakat yang tinggal di pesisir.

“Sebenarnya gelombang pasang sudah terjadi beberapa hari terakhir. Tapi yang paling parah yang sekarang ini. Kalau kemarin gelombang pasang hanya merusak 30 kapal atu perahu nelayan dengan kerusakan ringan. Namun, kali ini cukup parah, merusak sekitar 20 perahu nelayan dan menyebabkan kondisi serupa pada bangunan penduduk yang berada di pinggiran pantai," kata Asep Jeka kepada MNC Portal Indonesia. 

Selain merusak perahu dan rumah, kata dia, gelombang pasang juga merobohkan tujuh unit bangunan gudang yang dijadikan tempat singgah para nelayan. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: