Ratusan Gempa Susulan Masih Guncang Cianjur, BPBD Minta Warga Siaga

Antara ยท Selasa, 24 Januari 2023 - 21:34:00 WIB
Ratusan Gempa Susulan Masih Guncang Cianjur, BPBD Minta Warga Siaga
Warga Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Cianjur masih menempati hunian sementara. (FOTO: iNews/M ANDI ICHSYAN)

CIANJUR, iNews.idRatusan gempa susulan masih terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pascagempa dengan Magnitudo 5,6 yang terjadi 21 November 202 lalu.

Data BMKG menyebutkan sudah terjadi sekitar 482 gempa susulan sejak 21 November 2022, dengan kekuatan magnitudo 1,0 hingga 4,3. Namun gempa susulan yang terjadi Selasa (24/1/2023) dini hari magnitudo 4,3 menjadi yang terbesar sejak dua bulan terakhir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat tujuh orang mengalami luka-luka akibat tertimpa material rumah yang berjatuhan akibat gempa susulan magnitudo 4,3.

Kepala BPBD Cianjur, Fatah Rizal meminta warga yang sudah kembali ke rumah agar siaga dan waspada terutama pada malam hari karena intensitas gempa yang kembali tinggi sebagai upaya antisipasi jatuhnya korban jiwa.

"Kami mengimbau warga agar tidak panik dan tetap waspada terutama yang sudah kembali mengisi rumahnya," kata Kepala BPBD Cianjur, Fatah Rizal.

Dia mengatakan, gempa susulan M4,3 yang terjadi Selasa dini hari membuat warga yang sebagian besar sudah kembali ke rumah kembali panik dengan getaran gempa yang cukup kencang.

"Kami langsung melakukan pendataan. Getaran gempa terasa sampai ke sejumlah kota/kabupaten terdekat, karena ditakutkan gempa menyebabkan kerusakan dan korban jiwa, karena terasa sangat kencang di sejumlah wilayah di Cianjur," katanya.

Dia menyebutkan, tercatat tujuh orang warga di sejumlah kecamatan mengalami luka-luka, dua orang diantaranya mengalami luka berat dan menjalani perawatan medis di RSUD Sayang Cianjur dan Cimacan. Korban luka berat atas nama Ajid Sakib (7) warga Desa Ciputri dan Ujang (28) warga Desa Sarampad.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: