Produk UMKM dan IKM Cimahi Tembus Pasar Asia, Eropa, dan Amerika
"Memang belum jadi eksportir mandiri, tapi ke depan kami akan dorong agar bisa supaya keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar lagi," ujar Sri Wahyuni.
Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan melakukan pelatihan dan pembinaan secara teknis maupun administrasi terhadap pelaku UMKM dan IKM. Seperti bagaimana tata cara ekspor, perhitungan biaya pengiriman, pengurusan berkas, administrasi, dll.
Kepala Bidang IKM Disdagkoperind Kota Cimahi Dessy Setiawati mengatakan, pemasaran secara daring juga menjadikan produk asal Kota Cimahi bisa dikenal hingga ke luar negeri. Terlebih sejak pandemi Covid-19, banyak transaksi pemasaran yang beralih ke digital.
"Pemasaran online itu kan tidak terbatas wilayah, makanya tidak jarang pasar luar negeri terbangun dari promosi dan transaksi secara digital melalui marketplace atau secara mandiri," kata Dessy Setiawati.
Editor: Agus Warsudi