Prediksi Laut Selatan Jawa Diterjang Tsunami, BMKG: Intensitas Gempa Jadi Indikator 

Arif Budianto · Senin, 13 September 2021 - 15:41:00 WIB
Prediksi Laut Selatan Jawa Diterjang Tsunami, BMKG: Intensitas Gempa Jadi Indikator 
Gempa bumi besar atau megathrust akan memicu terjadinya tsunami. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Laut selatan Jawa diprediksi bakal diterjang gempa bumi berkekuatan besar (megathrust) hingga menyebabkan ancaman tsunami dengan gelombang hingga puluhan meter. Kendati begitu, sampai saat ini belum ada alat atau hasil riset yang bisa memprediksi kapan bencana itu terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan beberapa indikator atau warning atas potensi bakal terjadinya gempa besar. Walaupun, indikator tersebut juga tidak bisa menjadi acuan konkret. 

Menurut Kepala Seksi data dan Informasi BMKG Stasiun Bandung Rasmid, salah satu faktor yang perlu diwaspadai atas potensi terjadinya gempa bumi skala besar adalah keaktifan dari gempa bumi di patahan tersebut. 

"Misalnya intensitas gempa di kawasan itu naik signifikan atau turun sangat drastis. Ini perlu diwaspadai," kata Rasmid, Senin (13/9/2021).


Meskipun nantinya ditemukan adanya indikator penurunan atau kenaikan gempa bumi, namun tetap harus diteliti lebih lanjut. Apakah keaktifan itu berhubungan dengan potensi terjadinya gempa besar. 

Ketika ditanya apakah intensitas gempa bumi yang terjadi di laut Jawa Barat normal, Rasmid menyebutkan, hasil pantauan sejak Januari hingga Agustus 2021, intensitas gempa yang terjadi di Jabar nasih dalam kategori normal. Rata rata gempa terjadi antara 40 hingga 60 kali baik di laut atau darat. 

"Secara jumlah masih normal, tidak ada kenaikan signifikan atau penurunan secara drastis. Masih di angka rata rata bulanan," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: