Prajurit TNI Amankan Solar Ilegal di Sukabumi, Petugas SPBU Diperiksa

Dharmawan Hadi · Senin, 27 Juni 2022 - 00:32:00 WIB
Prajurit TNI Amankan Solar Ilegal di Sukabumi, Petugas SPBU Diperiksa
Ribuan solar yang diamankan dari dalam truk boks yang dimodifikasi berhasil diungkap jajanan Kodim 0607 Kota Sukabumi. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Prajurit TNI AD dari Kodim 0607 Kota Sukabumi mengamankan ribuan liter liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi, Minggu (26/6/2022). Modus pembelian solar bersubsidi tersebut dengan cara memodifikasi truk tanki dengan menambahkan selang menuju tempat penampungan dalam kendaraan tersebut. 

Ribuan liter solar ini dimankan prajurit TNI dari truk boks bernomor polisi B 9853 BCL yang diambil di SPBU Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, untuk dijual dengan harga nonsubsidi ke sejumlah perusahaan.

Komandan Kodim (Dandim) 0607/Kota Sukabumi Letnan Kolonel (Letkol) Inf Dedy Ariyanto mengatakan, kasus dugaan penyalahgunaan solar subsidi ini, mulai terkuak bermula saat anggota intelijen Kodim 0607 Kota Sukabumi mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai terkait keluar masuknya truk boks ke SPBU Cikembang.

"Mobil boksnya ini mencurigakan. Setelah diselidiki lebih lanjut dan kita pantau, ternyata mobil itu mengambil solar secara ilegal," ujar Dedy kepada MNC Portal Indonesia. 


Saat ini, terdapat tiga orang yang tengah dimintai keterangan di Koramil Cikembar. Tiga orang tersebut, merupakan sopir dan kendektur truk boks dan salah satu petugas SPBU Cikembang. 

"Saat dimintai keterangan, mobil boks itu ternyata dimodifikasi. Jadi sewaktu pengisian seperti biasa lewat tangki. Namun setelah masuk kedalam tangki itu, solar kemudian dialirkan ke tangki dalam mobil jenis kempu sebanyak tiga tangki atau tangki kotak plastik sebanyak 2 ton," ujar Dedy. 

Saat dimintai keterangan, sopir dan kendektur mobil boks itu mengaku kepada petugas TNI, mereka telah beroperasi sejak April 2022. Ribuan liter solar itu, mereka beli dengan harga subsidi dari SPBU untuk dijual ke industri. 

"Rencana ke depan dari TNI, akan mengambil data dulu. Setalah itu akan kami serahkan lebih lanjut ke pihak kepolisian," kata Dedy. 


Saat dilakukan pengembangan, ujar Dedy, prajurit Kodim 0607 Kota Sukabumi kembali menemukan kasus serupa di SPBU yang ada di wilayah Kecamatan Parungkuda. Namun, salah satu truk berhasil meloloskan dari incaran petugas TNI.  

"Anggota kita sudah di sana dan mengamankan sebanyak tiga ton solar beserta kendaraannya. Sekarang kita juga mau langsung menuju ke Parungkuda," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: