Polisi Temukan Titik Terang Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Tunggu Hasil Labfor

Yudy Heryawan Juanda, Agus Warsudi ยท Senin, 23 Agustus 2021 - 23:00:00 WIB
Polisi Temukan Titik Terang Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Tunggu Hasil Labfor
Polisi mengevakuasi jasad ibu dan anak yang ditemukan tewas di bagasi mobil Alphard di rumahnya. (Foto: iNewsTv/Yudy Heryawan Juanda)

BANDUNG, iNews.id - Penyidik Satreskrim Polres Subang telah menemukan titik terang terkait kasus pembunuhan ibu dan anak di Dusun Ciseuti, Desa Jalan Cagak, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang pada Rabu (18/8/2021) lalu. Saat ini, penyidik masih mendalami bukti dan keterangan saksi, termasuk menunggu hasil penelitian tim laboratorium forensik (labfor).

Ada kemungkinan, tak lama lagi misteri yang menyelimuti kasus pembunuhan ibu dan anak, Tuti (55) dan Amelia Mustika Ratu (23) ini, segera terkuak. 

Setelah tabir misteri terkuak, polisi tinggal menangkap pelaku pembunuhan sadis yang diduga dilakukan oleh lebih dari satu orang itu. "Sudah ada titik terang," kata Kapolres Subang AKBP Sumarni saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/8/2021).

AKBP Sumarni menyatakan, penyidik masih menganalisis bukti-bukti yang sudah diperoleh di lokasi kejadian, rumah korban. Selain itu, penyidik juga memperdalam keterangan saksi-saksi.

Barang bukti yang diamankan antara lain, papan cucian dari kayu, pisau, karpet dengan bercak darah, dan sejumlah sidik jari di lokasi kejadian.

"Kami menganalisa bukti-bukti yang diperoleh dan masih memperdalam keterangan saksi-saksi dan alat bukti lainnya. Kami masih menunggu hasil labfor," ujarnya.

Kapolres Subang menuturkan, jumlah saksi bertambah tiga orang. Total 20 saksi telah diperiksa penyidik, termasuk pacar korban Amelia Mustika Ratu. "Sekarang 20 orang (saksi yang diperiksa penyidik terkait kasus pembunuhan itu)," tutur Kapolres Subang.

Menurut Kapolres, korban Tuti tewas akibat luka parah di kepala diduga hantaman benda tumpul. Sedangkan korban berinisial Amelia mengalami luka di mata.

Diberitakan sebelumnya, beberapa fakta baru terungkap dari hasil penyelidikan polisi. Berdasarkan autopsi yang dilakukan tim forensik RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung, diketahui korban Tuti (55) dibunuh terlebih dulu. Sedangkan anaknya, Amelia Mustika Ratu (23) dihabisi lima jam kemudian.

Pembunuhan terhadap Tuti dilakukan pelaku menjelang dini hari hari. Sementara, korban Amelia dibunuh sekitar pukul 04.00-05.00 WIB. Jasad kedua korban kemudian dimasukkan ke dalam bagasi mobil Alphard.

Perbedaan waktu pembunuhan terhadap kedua korban diketahui dari kaku mayat. Kondisi kaku mayat kedua korban berbeda. 

"Kemudian dari kaku mayat diperkirakan korban pertama ibu itu meninggalnya 5 jam sebelum ditemukan. (Pembunuhan terjadi) ya dini hari lah, ya. kemudian yang anak 23 tahun remaja itu (Amelia) dperkirakan kematiannya jam 4-5 subuh, karena kaku mayatnya beda," kata Kapolres Subang AKBP Sumarni.

Selain fakta itu, polisi juga berhasil mengungkap, pembunuhan diduga terjadi saat Yosef, suami korban Tuti dan ayah kandung dari Amelia, tengah berada di rumah istri muda. Hal ini terungkap dari hasil pemeriksaan intensif polisi terhadap Yosef. 

Menurut keterangan saudara Y (Yosef, suami korban), pada malam hari saudara Y berada di istri mudanya," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).

Kemudian, juga didapati fakta, pelaku hanya mengambil handphone (HP) milik korban Amelia. Sedangkan barang berharga lain di rumah itu, sama sekali tidak disentuh, termasuk mobil mewah Alphard ditinggalkan begitu saja.

Ada dugaan, korban Amelia sempat merekam aksi pelaku membunuh ibunya Tuti. Sehingga, pelaku hanya membawa kabur HP milik Amelia untuk menghilangkan barang bukti rekaman tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: