PLTA Saguling Dilalui Sesar Cimandiri, Harus Siapkan Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Adi Haryanto ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 17:57:00 WIB
PLTA Saguling Dilalui Sesar Cimandiri, Harus Siapkan Mitigasi Bencana Gempa Bumi
Pengelola PLTA Saguling melakukan mitigasi bencana gempa bumi sejak dini sebagai upaya antisipasi pergerakan lempeng Sesar Cimandiri segmen patahan Rajamandala. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Potensi gempa bumi dampak pergeseran Sesar Cimandiri segmen patahan Rajamandala di Kabupaten Bandung Barat (KBB), diprediksi bakal terjadi meskipun siklus pewaktuannya tidak bisa dipastikan. Imbas gempa bumi akibat aktivitas Sesar Cimandiri akan berdampak kepada daerah di sekitar patahan Rajamandala.

Salah satunya adalah kepada PLTA Saguling di KBB, karena loksinya berada pada lintasan sesar Cimandiri yang melewati pipa intake milik PLTA Saguling.

Terkait hal tersebut, Manager Sipil dan Lingkungan PT IP Saguling POMU selaku pengelola PLTA Saguling Novi Haryanto mengatakan, siap melakukan langkah mitigasi terkait potensi gempa dari Sesar Cimandiri. Bahkan secara berkala pemantauan di titik-titik yang rawan terjadi bencana seperti longsor, selalu dilakukan. 

"Kami selalu rutin melakukan infeksi ke bendungan dan pemantauan di sekitar pipa intake sebagai antisipasi dari terjadinya kerusakan," tuturnya, Sabtu (6/8/2022).

Menurutnya di PLTA Saguling secara berkala ada inspeksi bendungan besar Saguling. Salah satunya juga dilakukan pemantauan di sekitar area Intake. Sehingga bisa dilakukan pencegahan dini ketika terjadi sesuatu untuk langsung diambil solusi tindakan. "Insya Allah akan terukur dan bisa termitigasi hal-hal seperti itu," sambungnya.

Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nuraini Rahma Hanifa, menyebutkan telah mengingatkan pengelola PLTA Saguling agar menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi dampak gempa bumi. Ini dikarenakan pipa intake berada di atas jalur sesar Cimandiri. 

"Kami sudah komunikasi dengan pengelola Saguling dan BPBD Jabar suapaya mereka (PLTA Saguling) menyiapkan mitigasinya," ucapnya saat melakukan sosialisasi di Desa Cipatat, Kecamatan Cipatat, KBB. 

Dijelaskannya, panjang Sesar Cimandiri mencapai 100 kilometer. Membentang dari kawasan Padalarang, KBB, hingga Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Sesar ini juga melewati objek vital PLTA Saguling tepatnya berada di bawah pipa intake. 

"Sesar Cimandiri ini belum diketahui prediksi kejadian gempa berulangnya setiap berapa tahun sekali. Terakhir pergeserannya terjadi tahun 1900 dengan magnitudo 7," sebutnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: