Pindad Uji Kekuatan Ranpur Anoa-2 dari Ledakan Ranjau Pakai TNT 8 Kg, Ini Penampakannya

Arif Budianto ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 20:54:00 WIB
Pindad Uji Kekuatan Ranpur Anoa-2 dari Ledakan Ranjau Pakai TNT 8 Kg, Ini Penampakannya
PT Pindad (Persero) menguji kekuatan ranpur Anoa-2 6x6 dari ledak ranjau memakai bahan peledak TNT seberat 8 kg di lapangan tembak Pussenarmed, Batujajar, KBB, pada Rabu, (8/12/2021). (Foto: Istimewa/PT Pindad)

BANDUNG, iNews.id - PT Pindad (Persero) melakukan uji kekuatan kendaraan tempur (ranpur) Anoa-2 6x6 menggunakan bahan peledak TNT seberat 8 kilogram (kg) di lapangan tembak Pussenarmed, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (8/12/2021). Hasilnya bikin takjub, Anoa-2 6x6 tahan terhadap ledakan ranjau.

Dengan demikian, pengemudi dan penumpang prajurit di dalamnya aman dari ledakan. Uji ledak itu dilaksanakan dalam rangka pengujian dan sertifikasi struktur tahan ledak ranpur Anoa-2 6X6 yang dibiayai oleh LPDP RI. 

Pengujian dilakukan dengan meledakan peledakan ranjau atau TNT yang ditempatkan di bawah lambung kendaraan mengacu kepada standar STANAG 4569-AEP-55 volume 2 Level 3B (TNT 8 Kg).

Tujuannya, untuk memastikan kemampuan bertahan dan keselamatan pengemudi serta penumpang di dalam Anoa-2 6X6. Sehingga terukur tingkat perlindungan terhadap prajurit seperti disyaratkan sesuai standar dan mendapatkan sertifikasi kelaikan darat.

Untuk menyimulasikan awak kendaraan, dipasang sebuah manekin khusus Anthropomorphic Test Device (ATD) crash test dummy bekerja sama dengan FNSS. Manekin dilengkapi sensor untuk mengukur resiko cedera pada awak kendaraan sehingga dapat dievaluasi kelaikan ballistic protection dari Ranpur 6x6 Anoa-2.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: