Pindad Uji Kekuatan Ranpur Anoa-2 dari Ledakan Ranjau Pakai TNT 8 Kg, Ini Penampakannya

Arif Budianto ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 20:54:00 WIB
Pindad Uji Kekuatan Ranpur Anoa-2 dari Ledakan Ranjau Pakai TNT 8 Kg, Ini Penampakannya
PT Pindad (Persero) menguji kekuatan ranpur Anoa-2 6x6 dari ledak ranjau memakai bahan peledak TNT seberat 8 kg di lapangan tembak Pussenarmed, Batujajar, KBB, pada Rabu, (8/12/2021). (Foto: Istimewa/PT Pindad)

Vice Presiden PM & K3LH Pindad Prima Kharisma mengatakan, struktur tahan ledak ranpur Anoa-2 6x6 disiapkan secara khusus untuk mengaplikasikan tingkat perlindungan ranpur di medan darat. Perlindungan berupa menambahkan adds on berupa V-shape di bawah lantai kendaraan antara roda tengah dan belakang yang dijelaskan 

"Uji ledak di sini konsepnya adalah bagaimana kami meningkatkan ballistic protection dari ranpur anoa-2 dengan menambahkan V-shape untuk struktur tahan ledaknya. Nanti bisa dilihat perbandingannya sebelum dan sesudah peledakan seperti apa. Kemudian nanti harapanya kami akan verikasi bersama sesuai NATO STANAG 4569, khususnya untuk burried mine threat atau ranjau dengan berbagai parameter yang akan diukur," kata Prima Kharisma dalam siaran pers.

Prima menyatakan, pengujian dan sertifikasi juga bertujuan untuk memperoleh data uji materiil yang dapat dijadikan sebagai bahan peningkatan kemampuan ranpur tahan ranjau di medan darat ke depannya.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Pengembangan Pindad Sigit P Santosa mengatakan, PT Pindad berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah mampu menguasai teknologi terbarukan dan menghasilkan paten serta publikasi ilmiah. “Ada tiga paten yang sudah kami hasilkan beserta publikasi ilmiah yang sudah diterbitkan," kata Sigit.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: