Pemkot Bandung Likuidasi PD Kebersihan, Dimerger ke Dinas Lingkungan Hidup

Arif Budianto · Jumat, 15 Oktober 2021 - 13:05:00 WIB
Pemkot Bandung Likuidasi PD Kebersihan, Dimerger ke Dinas Lingkungan Hidup
Proses likuidasi ditandai PD Kebersihan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dokumen oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung akhirnya secara resmi dilikuidasi. Segala urusan pelayanan menyangkut persampahan sudah beralih ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung.

Proses likuidasi ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dokumen di Pendopo Kota Bandung, Kamis, 14 Oktober 2021.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial bersyukur dan berterima kasih kepada jajaran direksi dan dewan pengawas yang turut menyukseskan proses peralihan ini. Termasuk kepada tim likuidasi yang masih akan bekerja menuntaskan segala keperluan administrasi hingga Desember 2021 mendatang.

"Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik di antara kita semua, proses ini berjalan dengan lancar. Bahkan di internal, hak dan kewajibannya sudah terselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan ini menjadi proses untuk menghadirkan keberkahan dari Allah kepada kita," ucap Oded, Jumat (15/10/2021). 

Oded menuturkan, urusan penanganan sampah di Kota Bandung secara kelembagaan memiliki sejarah cukup panjang. Dimulai sejak era 1960-an ketika di bawah kepemimpinan Wali Kota R Priatna Kusumah yang kala itu mengusung nama Bandung Resik.

Kala itu, sambung Oded, urusan persampahan berada di bawah penanganan Tim Pembersihan dan Pertamanan (TPP) Kota Bandung. Segala hal yang menyangkut kebersihan ini menjadi konsen pemerintah daerah.

"Tahun 1985 dibentuk PD Kebersihan Kota Bandung saat wali kotanya Pak Ateng Wahyudi. Diharapkan dengan kehadiran PD Kebersihan penanganan sampah lebih profesional dan mengikuti perkembangan teknologi pengelolaan," bebernya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: