Pemkab Majalengka Kolaborasi dengan Bea Cukai, Bupati Minta Warga Awasi Rokok Ilegal

Inin nastain · Rabu, 08 Desember 2021 - 16:22:00 WIB
Pemkab Majalengka Kolaborasi dengan Bea Cukai, Bupati Minta Warga Awasi Rokok Ilegal
Bupati Majalengka Karna Sobahi meminta warga untuk ikut pengawasi peredaran rokok ilegal. (Foto: Dok)

MAJALENGKA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka meminta masyarakat untuk ikut mengawasi peredaran rokok ilegal yang beredar di pasaran. Pasalnya, kerugian dari peredaran rokok ilegal itu akhirnya kembali kepada masyarakat sendiri.

Bupati Karna Sobahi mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menghentikan peredaran rokok ilegal. Berkolaborasi dengan  Bea Cukai Cirebon (BCC), kata Karna, jadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah setempat.

Karna menjelaskan, dalam hal cukai, ada keuntungan yang diterima pemerintah setempat lewat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Cukai sendiri, jelas dia, sangat berguna karena akan kembali untuk kepentingan masyarakat.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Majalengka, agar ikut serta mengawasi peredaran rokok ilegal. Lantaran, rokok ilegal juga merugikan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung," kata Karna Sobahi. Rabu (8/12/2021).

Terpisah, Kepala Bapenda Kabupaten Majalengka, Irfan Nur Alam mengatakan, langkah yang paling mudah untuk menghadapi rokok ilegal yakni dengan cara tidak membeli. 

"Untuk meminimalisir peredaran rokok ilegal, tentu paling mudah kita imbau agar masyarakat tidak ikut membeli. Akan lebih baik melapor saja ke 1500 225" kata dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: