Pemkab Karawang Klaim Butuh Rp9,7 Triliun untuk Penanganan Abrasi di Pantai Utara

Antara ยท Rabu, 20 Juli 2022 - 21:42:00 WIB
Pemkab Karawang Klaim Butuh Rp9,7 Triliun untuk Penanganan Abrasi di Pantai Utara
Dampak abrasi di pantai utara Kabupaten Karawang. Untuk mengatasi abrasi di sepanjang garis pantai itu, Pemkab Karawang butuh anggaran RP9,7 triliun. (FOTO: ANTARA)

KARAWANG, iNews.id - Pemkab Karawang membutuhkan dana sekitar Rp9,7 triliun untuk penanganan abrasi di sejumlah kecamatan pesisir utara daerah itu. Abrasi di pantai utara Karawang sudah sangat parah dan mengancam keselamatan warga.

"Anggarannya cukup besar dalam mengatasi abrasi, bukan miliaran lagi, tapi triliunan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang Dedi Ahdiat, Rabu (20/7/2022).

Dedi Ahdia menyatakan, sejak beberapa tahun terakhir hingga saat ini abrasi memang terus terjadi di sejumlah wilayah pesisir utara Karawang. Sesuai data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karawang, hingga kini abrasi di pesisir pantai tersebar di enam kecamatan.

"Untuk sementara, penanganan abrasi dilakukan di spot-spot tertentu itu pun dengan menggandeng pihak swasta dan BBWS (balai besar wilayah sungai). Sebab jika dilakukan secara keseluruhan, anggaran penanganannya sangat besar," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: