Pasokan Beras Bergantung dari Luar, Ketahanan Pangan Cimahi Rentan

Adi Haryanto ยท Sabtu, 09 Januari 2021 - 10:30:00 WIB
Pasokan Beras Bergantung dari Luar, Ketahanan Pangan Cimahi Rentan
Lahan pertanian padi yang tersisa di Kota Cimahi. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Pasokan beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga Kota Cimahi, Jawa Barat bergantung pasokan dari luar daerah. Kondisi ini menyebabkan ketahanan pangan Kota Cimahi sangat rentan jika tak segera diantisipasi.

Keterbatasan lahan pertanian menjadi salah satu kendala bagi kota ini untuk mewujudkan swasembada pangan. Apalagi saat ini banyak lahan pertanian di Kota Cimahi beralih fungsi menjadi kawasan perumahan dan bisnis.

Kabid Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Mita Mustikasari mengatakan, jumlah pendudukan Kota Cimahi sebanyak 553.755 jiwa. Sementara, hasil pertanian lokal, terutama padi, tidak mampu memenuhi kebutuhan penduduk Cimahi. 

Akibatnya, kata Mita, Kota Cimahi memiliki ketergantungan besar terhadap pasokan beras dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan warga. 

"Hasil panen padi di Cimahi hanya sekitar 4 persen dari total kebutuhan seluruh warga. Untuk sisanya disuplai dari luar daerah seperti daerah-daerah tetangga," kata Mita, Jumat (8/1/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3