Pasien Covid-19 Bertumbangan, Ridwan Kamil Siapkan 3.000 Bed Tambahan

Agung Bakti Sarasa ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 21:40:00 WIB
Pasien Covid-19 Bertumbangan, Ridwan Kamil Siapkan 3.000 Bed Tambahan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau RSKIA Kota Bandung, Rabu (16/6/2021). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, telah menyiapkan 3.000 bed tambahan untuk menangani pasien Covid-19 yang terus bertumbangan di Jabar. Dalam situasi darurat seperti saat ini, tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit (RS) rujukan harus ditingkatkan, salah satunya dengan mengonversi ruang perawatan pasien umum menjadi khusus pasien Corona.

"Sekitar 3.000 bed itu sedang kami siapkan total se-Jabar hasil perhitungan dari 30 persen (total kapasitas tempat tidur)," ujar Ridwan Kamil saat melakukan peninjauan bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, Rabu (16/6/2021). 

Selain menyiapkan tempat tidur tambahan untuk pasien Covid-19, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu kembali mengimbau wisatawan tidak datang ke Bandung Raya. Dia khawatir, lonjakan pasien COVID-19 bakal lebih tidak terkendali. 

"Saya titip, weekend ini diimbau lagi para wisatawan jangan dulu ke Bandung Raya. Kapasitas RS sudah 80 persen, kalau ada keteledoran, membuat situasi lebih tidak terkendali," ujar Kang Emil.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: