Pacu Literasi Anak, Migo dan Disdik Kota Cirebon Manfaatkan Kearifan Lokal
“Tenaga pengajar juga dapat mengaitkan kebiasaan literasi dengan bermain yang berangkat dari hobi dan minat anak. Lebih dari itu, lingkungan sekolah juga harus mendukung upaya literasi tersebut, seperti pemberdayaan mading, ajak membaca buku non-pelajaran sebelum kelas dimulai, memasang poster di sekolah, membuat papan karya literasi, mengadakan lomba literasi, dan mengaktifkan perpustakaan,” kata Dede Awaludin.
Selain itu, membangun budaya membaca merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir risiko learning loss pada peserta didik yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Kegemaran membaca yang dikembangkan sejak usia sekolah dasar akan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan minat belajar, penambahan wawasan, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis.
Guna membantu memaksimalkan keterampilan literasi anak didik, Migo – jaringan offline yang mendistribusikan konten digital, termasuk konten pendidikan – menyediakan sebuah konten belajar membaca untuk anak, seperti konten seri Ayo Belajar Membaca Bersama Diva dari mitra Migo, Kastari Animation.
Seri ini dikemas dalam bentuk animasi menarik yang akan membuat belajar membaca menjadi menyenangkan dan bisa dilakukan sambil bermain.
Editor: Agus Warsudi