Outlet Tunnel 8 KCJB Ambles, PT KCIC Sebut Daya Dukung Tanah Kurang Baik

Adi Haryanto ยท Senin, 31 Mei 2021 - 19:48:00 WIB
Outlet Tunnel 8 KCJB Ambles, PT KCIC Sebut Daya Dukung Tanah Kurang Baik
Lokasi jalan yang sedang dibangun outlet Tunnel 8 trase Kereta Cepat Jakarta Bandung di Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, Senin (31/5/2021). (Foto: Dok.Warga)

BANDUNG BARAT, iNews.id - PT KCIC langsung bergerak cepat menangani jalan ambles karena adanya penurunan muka tanah di eks jalan nasional di Jalan Raya Padalarang-Purwakarta. Penanganan segera dilakukan agar tidak mengganggu pembangunan outlet Tunnel 8 trase Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Corporate Secretary PT KCIC, Mirza Soraya menyebutkan, kejadian penurunan tanah itu mulai terjadi pada Senin (31/5/2021) di area eks-jalan nasional, Kampung Sasaksaat, RT 02/04, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang sudah tidak dipergunakan lagi. 

"Penurunan tanah (ambles) terjadi Senin pagi, di lokasi itu saat ini sedang dilakukan pembangunan outlet Tunnel 8," terangnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, penurunan tanah yang terjadi di samping Tunnel 8 itu disebabkan oleh daya dukung tanah di lokasi yang memang diketahui kurang baik. Oleh karenanya mitigasi dan upaya pencegahan telah dilakukan dari awal pekerjaan tunnel. 

Upaya pencegahan yang dilakukan dimulai dengan membangunkan akses jalan baru disamping jalan tersebut dengan kekuatan dan keamanan yang jauh lebih baik. Jalan baru dibangun di Kampung Sasaksaat RT 02/04 Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, KBB. 

"Jalan baru tersebut sudah selesai dibangun sejak dua pekan lalu dan sudah dilalui masyarakat. Sementara jalan nasional di sekitar tunnel 8 ini sendiri sudah tidak pergunakan sebagai akses jalan sejak 16 Mei 2021," sebutnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: