Tanah Ambles di Lokasi Jalan Proyek Kereta Cepat Padalarang-Purwakarta

Adi Haryanto ยท Senin, 31 Mei 2021 - 17:13:00 WIB
Tanah Ambles di Lokasi Jalan Proyek Kereta Cepat Padalarang-Purwakarta
Lokasi amblesnya jalan yang diduga merupakan lokasi terowongan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang ada di Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, KBB, Senin (31/5/2021). (Foto: Dok.Warga)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Lokasi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Jalan Raya Padalarang-Purwakarta, ambles, Senin (31/5/2021). Lokasi amblesan tepatnya di Kampung Sasaksaat, RT 02/04 Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Disinyalir, jalan yang ambles di proyek tersebut merupakan lokasi yang akan dipakai terowongan. Awalnya lokasi amblesan merupakan jalan lama yang ditutup dan digeserkan karena dibangun terowongan.

Berdasarkan informasi peristiwa amblesnya jalan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Titik amblesnya jalan cukup dalam, bahkan membuat lapisan aspal terangkat. Beruntung, tidak ada pekerja yang terjebak atau masuk ke rekahan amblesnya jalan.

"Kejadian amblesnya jalan itu sekitar pukul delapan pagi. Jalur itu tidak dipakai karena sudah digeserkan," terang KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Herinduansyah.

Saat ini, kata dia, petugas sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas. Pihaknya menerapkan pola buka tutup jalur. Penerapan itu menghindari adanya beban muatan di badan jalan yang bisa berpotensi ambles lebih parah.

"Kita lakukan buka tutup untuk menghindari getaran yang dapat berpotensi menimbulkan ambles susulan. Meski arus lalu lintas di jalur ini tidak terlalu padat," ujarnya. 

Erin menyebutkan, pihak kontraktor proyek kereta cepat akan menanggulangi peristiwa amblesnya jalan tersebut. Diprediksi kerusakan bisa dibenahi dalam 24 jam, dan selama itu pihaknya menerapkan buka tutup arus dalam satu lajur.

"Pengendara masih bisa melintas, masih aman. Hanya saja kita waspada khawatirnya dari beban kendaraan dan getaran bisa meningkatkan potensi ambles lebih parah," tuturnya.

Sementara itu, belum ada penjelasan resmi dari manajemen dan pihak humas PT KCIC atas insiden ini. Informasi yang diperoleh pihak humas masih melakukan meeting sehingga belum bisa memberikan keterangan. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: