Ombudsman Jabar Sebut Ada Pemerintah Daerah Tidak Respons Keluhan Masyarakat
BANDUNG, iNews.id - Ombudsman Perwakilan Jawa Barat menyebut masih ada pemerintah daerah yang tidak merespons keluhan masyarakat. Padahal, pengaduan tersebut seharusnya segera ditanggapi untuk dicarikan solusi.
Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jabar Dan Satriana mengatakan, saat ini, seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat sudah terhubung dengan SP4N-LAPOR!. SP4N-LAPOR! adalah aplikasi pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan pemerintah pusat dan daerah.
"Tapi sayang, masih ditemukan pemda yang persentase penyelesaian pengaduannya sangat rendah sekitar 17,8 persen, jauh dari rata-rata penyelesaian nasional sebesar 85 persen," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jabar dalam acara akselerasi SP4N-LAPOR!, Rabu (14/12/2022).
Atas kondisi tersebut, ujar Dan Satriana, perlu diskusi dan pemecahan masalah atas kendala-kendala yang dihadapi. Pemda juga perlu berbagi pengalaman mengenai best practice dalam pengelolaan SP4N-LAPOR!.
Pemerintah daerah harus mengubah persepsi terhadap pengaduan masyarakat sebagai bentuk harapan dan kepercayaan terhadap perbaikan kualitas pelayanan publik.
Editor: Agus Warsudi