ODHA di Jabar Didorong Bersosialisasi, Tetap Produktif, dan Hapus Stigma Negatif

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 03 September 2022 - 04:30:00 WIB
ODHA di Jabar Didorong Bersosialisasi, Tetap Produktif, dan Hapus Stigma Negatif
Para ODHA di Jabar didorong bersosialisasi, beraktivitas, menunjukkan potensi, sekaligus menghapus stigma negatif. (Foto: Ilustrasi/Everydayhealth)

BANDUNG, iNews.id - Para Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Jawa Barat (Jabar) didorong untuk bersosialisi, tetap produktif, dan menghapus stigma negatif. Sebab, banyak ODHA di Jabar memiliki potensi dalam lingkungan sosial mereka.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar Dodo Suhendar mengatakan, seseorang setelah mengetahui dirinya terinfeksi HIV/AIDS biasanya akan menarik diri dari pergaulan sosial. Semua potensi dalam dirinya pun terkubur karena mereka memiliki kendala dalam interaksi sosial, termasuk dalam kemandirian sosial karena stigma negatif. 

"Salah satu tugas kita adalah membantu mereka untuk kembali aktif dan produktif dalam lingkungan sosialnya," kata Dodo Suhendar dalam Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat (TEPAS) bertema "Ruang untuk ODHA" di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (2/9/2022).

Dodo menyatakan, dalam meluruskan stigma negatif terhadap ODHA perlu lolaborasi semua pihak, bukan hanya dari Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial, melainkan juga dari organisasi masyarakat lainnya.

Dinas Sosial sendiri memiliki beberapa program agar ODHA dapat kembali berinteraksi dan produktif dalam kehidupannya melalui pemberdayaan sosial. Contohnya antara lain dengan memberikan pelatihan barista di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: